PENTINGNYA GURU MEMAHAMI KECERDASAN MAJEMUK MURID

BAHWA KECERDASAN DAPAT DIUKUR SECARA OBJEKTIF DAN DAPAT DINYATAKAN DALAM SUATU ANGKA ATAU NILAI YANG DISEBUT DENGAN…
IQ. KENYATAAN MENUNJUKKAN KALAU KESUKSESAN SESEORANG BUKAN MUTLAK BERDASARKAN IQ
KESUKSESAN BERASAL DARI HAL-HAL
YANG LAIN YANG DISEBUT DENGAN…
KECERDASAN MAJEMUK

BATASAN KECERDASAN MAJEMUK
Tiap orang memiliki ke 8 kecerdasan tersebut, namun dengan porsi yang berbeda beda.
Dipengaruhi oleh pengalaman, lingkungan dan bawaan lahir.
Kecerdasan yang dominan dapat mempengaruhi kecerdasan yang lain.
Tiap kecerdasan tersebut bisa dikembangkan.

KECERDASAN LINGUISTIK (PEMAIN KATA)
Kemampuan untuk berfikir dalam bentuk rangkaian kata dan menggunakan bahasa untuk memahami arti yang ingin dan akan disampaikan.
Terbukti pada profesi: Juru bicara, Novelis, Penyair, MC, reporter.
Diespresikan melalui: membaca, menulis, berbicara dan mendengar.
Digunakan secara intensif dalam kegiatan belajar mengajar (terutama di Indonesia).

MENGENAL KECERDASAN LINGUISTIK
Hobi: membaca, menulis, mendengar dan Bercerita.
Hebat dalam: Mengingat nama, berfikir dengan kata, mempelajari bahasa, mengeja huruf.
Cara Belajar Terbaik dengan: membaca dan memperhatikan kata kata, Menulis, mendengarkan, Diskusi dan debat.

Memberikan bacaan/materi yang kaya akan isi
Mendorong untuk mengekspresikan pikiran secara Verbal

SESEORANG YANG MEMILIKI KECERDASAN LINGUISTIK MEMILIKI KEMAMPUAN UNTUK MEMAINKAN TATA BAHASA SEHINGGA BISA MEMPENGARUHI ORANG LAIN

KECERDASAN MATEMATIS LOGIS
Kemampuan seseorang dalam menghitung, mengukur, mempertimbangkan usul dan hipotesis dan dalam menyelesaikan masalah matematika kompleks.
Terdapat pada: ahli matematika, ahli proyek bangunan, detektif, dan insinyur

MENGENAL KECERDASAN MATEMATIS LOGIS
Hobi: melakukan percobaan, bermain teka teki, bekerja dengan angka,
Hebat dalam: matematika, analisis logis, menganalisa pola, menggunakan simbol abstrak.
Cara Belajar Terbaik dengan: Menganalisa pola hubungan, bereksperimen, memecahkan masalah.
Mendorong melakukan kegiatan yang mengandung teka teki, percobaan dan permainan angka.
Mendorong dan melibatkan untuk berfikir dan menganalisis dengan menggunakan pola sebab akibat.

KECERDASAN VISUAL
Kemampuan kapasitas berfikir dengan perspektif tiga dimensi dan dua dimensi.
Terdapat pada pelaut, pematung, pelukis, perancang dan pilot.
Seringkali melibatkan imaginasi dan visualisasi meskipun tanpa melihat.

MENGEMBANGKAN KECERDASAN MATEMATIS LOGIS
Mendorong melakukan kegiatan yang mengandung teka teki, percobaan dan permainan angka.
Mendorong dan melibatkan untuk berfikir dan menganalisis dengan menggunakan pola sebab akibat.

KESIMPULAN
Tiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda, guru seharusnya mengenali untuk mengembangkannya
Ciri yang paling mudah untuk mengetahui kecerdasan yang dominan pada suatu anak adalah dengan guru mencari tahu hobi, cara belajar, dan cara menyampaikan sesuatu
Pendidikan dengan hanya memakai metoda pengembangan kecerdasan tertentu saja hanya berdampak positif pada anak yang memiliki kecerdasan tersebut, sedang anak yang lain akan tetap tertinggal, untuk itu guru diharapkan terus belajar dan kreatif

Tentang PKBM GUGUAK

"DARI, OLEH dan UNTUK MASYARAKAT
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s