STANDAR ISI PENDIDIKAN KESETARAAN

Kelompok Mata Pelajaran:

  • kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;
  • kelompok mata pelajaran kewarganegaraan   dan kepribadian;
  • kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi;
  • kelompok mata pelajaran estetika;
  • kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan

Prinsip Pengembangan Kurikulum

  • Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
  • Beragam dan terpadu
  • Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan,  teknologi, dan seni
  • Berpusat pada kehidupan
  • Menyeluruh dan berkesinambungan
  • Belajar sepanjang hayat
  • Seimbang antara kepentingan nasional dan daerah
  • Partisipatif

Prinsip Pelaksanaan Kurikulum

  • Memperhatikan karakteristik peserta didik
  • Menegakkan kelima pilar belajar
  • Pelayanan yang bersifat perbaikan, pengayaan, dan/atau percepatan
  • Prinsip ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani
  • Prinsip alam takambang jadi guru
  • Mendayagunakan kekayaan, keunggulan dan kearifan lokal

Kedalaman Muatan Kurikulum

  • Dituangkan dalam SK dan KD pada setiap Mata Pelajaran
  • SK dan KD Kelompok Mata Pelajaran IPTEK sama dengan SK-KD pendidikan formal
  • Lampiran 1 SK dan KD Program Paket A, Lampiran 2 SK dan KD Program Paket B, dan Lampiran 3 SK dan KD Program Paket C.

PERPINDAHAN ANTAR JALUR DAN JENJANG

UU Sisdiknas No.20/2003 :

  • Pasal 13 AYAT (1) : JALUR PENDIDIKAN TERDIRI ATAS PENDIDIKAN FORMAL, NONFORMAL, DAN INFORMAL YANG DAPAT SALING MELENGKAPI DAN MEMPERKAYA.
  • Pasal 14 : JENJANG PENDIDIKAN FORMAL TERDIRI ATAS PENDIDIKAN DASAR, PENDIDIKAN MENENGAH, DAN PENDIDIKAN TINGGI
  • Pasal 1 Poin 12: PENDIDIKAN NON FORMAL ADALAH JALUR PENDIDIKAN DI LUAR PENDIDIKAN FORMAL YANG DAPAT DILAKSANAKAN SECARA TERSTRUKTUR DAN BERJENJANG.
  • Pasal 12 Ayat (1) : SETIAP PESERTA DIDIK PADA SETIAP SATUAN PENDIDIKAN BERHAK: (POIN E) PINDAH KE PROGRAM PENDIDIKAN PADA JALUR DAN SATUAN PENDIDIKAN LAIN YANG SETARA
  • Keseimbangan, keterkaitan, dan kesinambungan antarkelas dan jenis jenjang pendidikan.

STRUKUTUR KURIKULUM

Selain mata pelajaran, struktur kurikulum memuat:

  • Muatan lokal;
  • Keterampilan fungsional;
  • Pengembangan Kepribadian Profesional
  • Fleksibel dalam ruang, waktu dan strategi pembelajaran, serta menghargai pengalaman belajar peserta didik yang diperoleh dalam kehidupan

BEBAN BELAJAR

  • Beban belajar Diksetara dinyatakan dalam Satuan Kredit Kompetensi (SKK)
  • SKK merupakan modifikasi dari SKS, hanya perhitungan satuan berbasis capaian kompetensi bukan kebutuhan waktu pembelajaran.
  • Dengan SKK diharapkan lebih dapat menghargai pengalaman belajar mandiri yang selama ini banyak dilakukan masyarakat.
  • Placement Test & Prior Learning Assesment and Recognition merupakan perangkat sistem penilaian yang akan dikembangkan

KTSP

  • Kurikulum tingkat satuan pendidikan dan silabus pendidikan kesetaraan ditetapkan oleh Dinas Pendidikan sesuai dengan tingkat kewenangannya
  • Kurikulum dikembangkan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders)
  • Kurikulum tingkat satuan pendidikan berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan kesetaraan

KALENDER PENDIDIKAN

  • Kalender pendidikan merupakan pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran selama satu tahun ajaran;
  • Kalender pendidikan mencakup yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif, hari libur dan ujian nasional.
  • Permulaan tahun ajaran dimulai bulan Juli.
  • Peserta didik dapat mengikuti kegiatan pembelajaran sesuai dengan kesempatan masing-masing dengan memperhatikan minimum waktu keikutsertaannya sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  • Minggu efektif belajar diperhitungkan sesuai dengan waktu pencapaian SKK masing-masing kurikulum program pendidikan kesetaraan.
  • Ujian nasional dilaksanakan dalam dua periode setiap tahun  yang diatur dalam Prosedur Operasional Standar Ujian Nasional.

TERIMA KASIH

Tentang PKBM GUGUAK

"DARI, OLEH dan UNTUK MASYARAKAT
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s