PENGUKURAN
Pengertian :
prosedur pemberian angka terhadap karakteristik suatu objek
Ciri-ciri :
- bersifat kuantitatif
- deskriptif tanpa interpretasi
Pengertian Tes :
Himpunan pertanyaan/pernyataan/tugas yang harus dikerjakan untuk mengukur kompetensi tertentu
Syarat Tes yang Baik:
- 1. Soal berkualitas baik
- 2. Uni dimensional
- 3. Valid
- 4. Reliabel
Pengembangan tes standar :
- Menentukan tujuan tes
- Menyusun kisi-kisi dari indikator
- Membuat kartu soal
- Membuat paket soal
- Pedoman kunci jawaban dan penskoran
- Penelaahan soal
- Uji coba soal
- Pedoman penilaian
Pengembangan tes standar :
- Menentukan tujuan tes
- Menyusun kisi-kisi dari indikator
- Membuat kartu soal
- Membuat paket soal
- Pedoman kunci jawaban dan penskoran
- Penelaahan soal
- Uji coba soal
- Pedoman penilaian
Pengembangan Instrumen Tes Hasil Belajar Pendidikan Keaksaraan :
- Telaah kembali Standar Kompetensi Keaksaraan (SKK) yang meliputi: kompetensi dasar, indikator pencapaian hasil belajar, serta proses/pengalaman dan hasil belajar.
- Tetapkan aspek yang hendak diukur (pengetahuan, keterampilan serta sikap/nilai).
- Pilih teknik dan alat penilaian yang akan digunakan (penilaian tertulis, penilaian kinerja, dan penilaian hasil karya warga belajar).
- Tetapkan bentuk dan cara penyajian laporan hasil penilaian yang akan digunakan.
- Buat blueprint
STANDAR KOMPETENSI KEAKSARAAN
TINGKAT DASAR
- Mampu membaca dan menulis kalimat sederhana (terdiri atas subyek, predikat, dan obyek) sekurang-kurangnya 7 kata dengan menggunakan bahasa Indonesia.
- Mampu melakukan perhitungan penjumlahan dan pengurangan angka 1–100.
- Mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia secara lisan
TINGKAT LANJUTAN
- Mampu membaca dan menulis kalimat dalam 1 paragraf dengan menggunakan bahasa Indonesia (1 kalimat terdiri atas sekurang-kurangnya 10 kata).
- Mampu melakukan perhitungan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian angka 100-1000.
- Mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia secara tertulis.
- Mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia secara tertulis.
TINGKAT MANDIRI
- Mampu membaca, menulis, dan memahami karangan atau cerita pendek yang ada dalam bahan belajar guna menunjang pekerjaan warga belajar.
- Mampu melakukan perhitungan bilangan pecahan dan perhitungan sampai bilangan puluhan ribu guna menunjang pekerjaan warga belajar.
- Mampu menyampaikan pendapatnya serta mampu menanggapi pendapat orang lain dengan menggunakan bahasa Indonesia guna menunjang pekerjaan warga belajar.
Kisi-kisi
Kisi-kisi adalah suatu format berupa matriks yang memuat informasi yang dijadikan pedoman untuk menulis soal atau merakit soal menjadi suatu tes.
Kegunaan kisi-kisi:
Berfungsi sebagai pedoman dalam penulisan soal atau dalam merakit soal menjadi suatu tes.
Syarat-syarat kisi-kisi yang baik :
- Mewakili isi kurikulum yang akan diujikan
- Komponen-komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami
- Soal-soalnya dapat dibuat sesuai dengan indikator dan bentuk soal yang ditetapkan
Kriteria pemilihan materi yang diujikan :
- Urgensi, yaitu materi secara teoritis, mutlak harus dikuasai oleh WB.
- Kontinuitas, yaitu materi lanjutan yang merupakan pendalaman dari satu atau lebih materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
- Relevansi, yaitu materi terpilih untuk mempelajari atau memahami materi pelajaran lain.
- Keterpakaian, yaitu materi yang diujikan harus merupakan materi yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator :
Indikator adalah ciri-ciri kemampuan yang akan diukur.Penulisan indikator sangat penting karena merupakan dasar untuk penulisan soal yang diharapkan dapat mengungkap kemampuan warga belajar yang hendak diukur.
Kriteria indikator yang baik :
- Memuat ciri-ciri kemampuan dasar yang hendak diukur.
- Khusus untuk bentuk soal uraian dapat lebih dari satu.
- Berkaitan erat dengan materi dan kompetensi dasar.
- Soal dibuat berdasarkan kisi-kisi dan indikator.
PETUNJUK UMUM PENILAIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEAKSARAAN
- Pelaksanaan tes sebaiknya dilakukan dalam suasana tidak seperti di sekolah formal, tetapi melaksanakan penilaian secara informal.
- Tutor/penilai melakukan bina suasana yang menyenangkan dalam kelompok belajar selama pelaksanaan tes, seakan-akan warga belajar sedang melakukan latihan sehingga mereka merasa tidak dites.
- Bahan tes tidak harus diberikan dalam bentuk buku, tetapi dapat juga diberikan dalam bentuk lembaran tes secara bertahap.
- Tes dapat dilakukan secara bertahap, dan dapat dilanjutkan pada hari/waktu lain, tetapi dalam waktu yang tidak terlalu lama.
- Waktu yang digunakan dalam penilaian pada setiap tahap maksimal 30 menit, agar warga belajar tidak merasa jenuh.
- Tutor/penilai harus cermat melakukan observasi saat pelaksanaan tes.
PENILAIAN / EVALUASI
PENGERTIAN
- Kegiatan untuk mengetahui efektivitas suatu program
- Kegiatan evaluatif hasil pengukuran
1. dinyatakan secara evaluatif
2. perbandingan hasil pengukuran dengan norma atau kriteria
Ciri-ciri Penilaian
•Penilaian harus merupakan bagian dari proses belajar mengajar bukan bagian yang terpisah dari PBM•Penilaian harus merupakan cermin dunia nyata•Menggunakan berbagai metode/kriteria•Menggambarkan sesuatu yang utuh dan menyeluruh.
- Penelusuran =====> kesesuaian dengan rencana
- Pengecekan =====> kelemahan dlm pembelajaran
- Pencarian =======>penyebab kelemahan
- Penyimpulan ====> penguasaan kompetensi
Fungsi Penilaian
- Motivasi ===============> mendorong WB untuk belajar
- Belajar Tuntas ===========> memantau ketuntasanIndikator
- Efektivitas Pembelajaran ====> analisis peningkatan KBM
- Umpan Balik ============> kelemahan warga belajar & tutor
METODE PENILAIAN
- TES TERTULIS
- PENILAIAN KINERJA (PERFORMANCE)
- PENILAIAN PRODUK
- PENILAIAN PROJEK
- PORTOFOLIO
- PENILAIAN SIKAP
- Evaluasi adalah proses menggambarkan (delineating) memperoleh (obtaining), dan menyajikan (providing) informasi yang berguna untuk menilai alternatif keputusan. (Stufflebeam, 1971)
- Definisi di atas mengandung 8 kata kunci:
- Proses
- Alternatif keputusan
- Informasi
- Menggambarkan
- Mendapatkan
- Memberikan
- Berguna
- Pertimbangan
Hasil Belajar
- Hasil belajar adalah kompetensi-kompetensi yang dimiliki WB setelah menjalani suatu pengalaman belajar
- Kompetensi yang dimaksud adalah kemampuan yang dimiliki seseorang terkait dengan aspek pengetahuan (knowledge), keterampilan (skills), dan sikap, nilai, norma (values), yang diaktualisasikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak.
Evaluasi Raw Input
•Kompetensi Calistung awal WB•Pengetahuan awal WB•Kerterampilan awal WB•Sikap, minat, bakat, motivasi, kebiasaan, dan nilai-nilai yang dianut WB•Kebutuhan WB
•Kemajuan belajar WB•Perubahan Sikap, minat, bakat, dan motivasi WB•Kesulitan belajar dan kelemahan WB•Dinamika kelompok WB
•Bahan Pembelajaran•Sumber-sumber belajar•Media Pembelajaran•Strategi Pembelajaran•Metode dan pendekatan pembelajaran
•Kompetensi calistung yang dicapai•Pengetahuan WB•Kerterampilan WB•Cara berpikir, bersikap, dan bertindak WB
Tes dilakukan secara lisan dengan meminta warga belajar membacakan huruf, suku kata, kata, dan kalimat sederhana
Membaca kata
Bacalah kata-kata berikut:
hutan gundul bisa erosi
jangan tebang pohon sembarang
jaga hutan tetap utuh
untuk masa depan anak
cucu kita
Membaca kalimat yang terdiri 3 kata
Bacalah kalimat berikut:
Memahami isi wacana
Bacalah ceritera berikut secara seksama.
”Setiap hari Pak Toha berangkat kerja pada pukul 06.30 pagi dengan mengendarai sepeda motor. Pak Toha membutuhkan waktu 20 menit untuk sampai di sekolah tempat ia bekerja. Murid-murid yang sudah lebih dulu sampai di sekolah menyambutnya dengan senyuman dan menyalaminya. Tepat pukul 07.00, Pak Toha membariskan murid-muridnya dan meminta mereka untuk memasuki kelas.”
Pertanyaan:
a. Pak Toha sampai di sekolah pukul . . . . . . . . . . . . . . . . . .
b. Pak Toha bekerja sebagai . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
c. Sampai di sekolah, Pak Toha disalami oleh . . . . . . . . . . .
d. Pak Toha berangkat kerja menggunakan kendaraan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Tes Menulis
Tes dilakukan dengan tes tertulis (paper and pancil test) dengan meminta WB menuliskan huruf, suku kata, kata, kalimat dan wacana
Menuliskan pengalaman pribadi
Ceriterakan kembali dalam maksimum 5 kalimat, kegiatan Bapak/Ibu dari pagi hingga malam.
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Tes Berhitung
Tes dilakukan dengan tes tertulis (paper and pancil test)
Menjumlah dan mengurangi bilangan
Untuk menopang ekonomi keluarganya, Ibu Siti memelihara ayam petelur sebanyak 35 ekor. Pada pagi hari Ibu Siti mengumpulkan telornya dan diperoleh sebanyak 19 butir telor. Sore harinya Ibu Siti kembali mengumpulkan telor dan diperoleh sebanyak 13 butir telor.
Banyak telor yang dikumpulkan Ibu Siti adalah:
. . . . . . + . . . . . = . . . . . ( . . . . . . . . . . . . . . . . . ) butir.
Jika tiap ekor ayam bertelor 1 butir sehari, maka banyak ayam yang tidak bertelor pada hari itu adalah:
. . . . . . – . . . . . . = . . . . . . ( . . . . . . . . . . . . . . . . . ) ekor.
Penskoran
- •Skor 1 jika benar mengucapkan hurup, skor 0 jika salah.
- •Skor 1 jika benar mengucapkan suku kata, skor 0 jika salah.
- •Skor 1 jika benar mengucapkan kata, skor 0 jika salah
- •Skor 1 jika benar mengucapkan kalimat, skor 0 jika salah.
- •Skor 1 jika benar yang dibaca, skor 0 jika salahSkor 1 jika benar yang ditulis, skor 0 jika salah
Catatan:
Kriteria keberhasilan WB jika rata-rata penguasaan kompetensinya lebih dari 60% dari tes yang diberikan.
Total skor perangkat tes ini 555, Jadi WB dinyatakan berhasil jika memperoleh skor 333 ke atas
Penguasaan Kompetensi | Nilai |
90% – 100% (482-555) |
Sangat baik |
75% – 89% (408-481) |
Baik |
60% – 74% (333-407) |
Cukup |
Di bawah 60% (dibawah 333) |
Kurang |